Dengan Segelas Kopi

10.12.14

Ehheemm.. pendahuluan dulu..
 

Apa sih sebenernya pengertian "mahasiswa"??
 

Menurut kamus besar bahasa indonesia, ma·ha·sis·wa (cara bacanya gitu) adalah orang yg belajar di perguruan tinggi.

Sedangkan kalo kita mengacu pada peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990, mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu.

Selanjutnya menurut Sarwono (1978), mahasiswa adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18-30 tahun. 


Dan, kalau menurut Knopfemacher (dalam Suwono, 1978), mahasiswa adalah merupakan insan-insan calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi ( yang makin menyatu dengan masyarakat), dididik dan di harapkan menjadi calon-calon intelektual.

Jadi, kalau kita simpulkan dari semua pengertian tadi, mahasiswa secara umum dapat di artikan sebagai seseorang (insan) yang tengah menjalani pendidikan tingkat perguruan tinggi yang memiliki julukan calon intelektual di masa yang akan datang.

Wow.. dari definisinya aja harusnya kita (setidaknya saya dulu juga pernah jadi mahasiswa) bangga ya menyandang gelar sebagai mahasiswa..
 

Tapi, sebenernya, status mahasiswa sangat rentan dengan stress, karena beban yang kita hadapi dalam perjalanan hidup kita jadi mahasiswa juga banyak yang rumit, dan hampir semuanya tidak selalu dapat terselesaikan dengan mudah.

Misalnya, gara-gara tugas perancangan pabrik yang gak kelar-kelar, ngerjain penelitian datanya gak bagus-bagus, mau ujian akhir tapi lupa belajar, mau ujian tengah semester lupa jadwal ujiannya, mau makan gak punya uang, lagi keramasan tiba-tiba aer kamar mandi abis, mau pacaran gak ada yang mau dijadiin pacar, pas lagi ngegame belum di save tau-tau listrik mati, dan kejadian lainnya...

Dan kali ini saya akan memberikan satu persatu tipsnya, tips biar gak gampang stress (seperti saya)..


1. Utamakan berdoa..
 

Usahakan tiap melakukan apapun agar dimulai dengan berdoa. Karena dengan berdoa hati kita jadi adem.. Seolah ada tempat berbagi beban..

Makan, jangan lupa berdoa biar gak keselek. Minum, jangan lupa berdoa biar gak seret. Belajar juga, jangan lupa berdoa, biar masuk semua ke otak. Dan, kalau terpaksa nyontek, jangan lupa berdoa, biar gak ketauan pengawas..


2. Kuliah bukan berarti cuma kenal lingkungan kampus aja..

Mahasiswa, harusnya, hidupnya lebih santai dari anak sekolah biasa. kita gak harus bangun pagi tiap hari, dan gak harus selalu pulang sore tiap harinya.. Gak harus ikutan les bimbel biar masuk universitas negeri (kan udah masuk)..

Disela-sela rutinitas sebagai mahasiswa, luangin juga banyak waktu untuk ikut kegiatan yang gak ada hubungannya sama jurusan kuliah kita.. Misal, ikut grup komunitas photography.. Atau les menjahit.. Atau bisa juga les bahasa asing yang beneran asing (misal les bahasa Uganda).. 


Selain bisa juga buat nambah-nambah penghasilan (jadi tukang foto prewed, atau nerima jahitan baju, atau jadi penerjemah masyarakat uganda yang mau maen ke jogja), dengan ikut kegiatan diluar kampus, otomatis kita makin banyak kenalan, makin banyak kenalan berarti makin mudah nyari jodoh.. Makin deket sama jodoh, hidup makin punya tujuan.. Makin punya tujuan, kita makin giat berusaha.. Makin giat berusaha, makin jauh dari kata stress..


3. Rajin jalan-jalan, dan sebarkan virus jalan-jalan...

Jogja kota yang terlalu indah cuma buat dihabisin di kampus doang.. UGM cuma setitik kecil dari ribuan hal menarik yang bisa kita temuin di Jogja.

Merapi, Prambanan, Parangtritis, Kaliurang, Kalicode (belakang kampus tekkim), kantin fakultas sastra, kantin fakultas ekonomi.. Belum lagi tempat-tempat makannya.. Coba datengin semua tempat makan gudeg-gudeg-an yang ada di Jogja, atau sekali-kali maen ke pabrik bakpia 25 di deket Malioboro, atau kalo mau lebih iseng, liat pengrajin perak di Kota Gede..

Terlalu disayangkan kalau selama di Jogja belum pernah kita kunjungin..

Kunjungin, dan posting semua foto kalian di sosmed.. Bikin semua orang iri, dan sebarkan virus jalan-jalan.. makin banyak yang jalan-jalan, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Stress ilang, dapet pahala juga karena bantuin orang banyak dengan promosi gratis yang kita bikin..


4. Gagal bukanlah akhir dunia..

 
Semester satu IP cuma dua koma? Begitu juga semester dua dan semester tiga? Yaah.. mudah-mudahan saya tidak sendirian mengalaminya.. Dan saya yakin kalau saya bisa menjalani semuanya dengan baik-baik saja, pasti kalian juga bisa menjalani semuanya dengan baik-baik saja (tips tambahan, jauhkan barang-barang berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari jangkauan kalian semua).. 


Yang penting, kita terus belajar, tanpa peduli apa yang terjadi.. Anggap nilai adalah bonus dari semua usaha kita, kalau jelek ya berusaha lebih keras, kalau baguspun harus tetap berusaha agar tetap dapet nilai bagus.. Kalau nilai gak membaik, berdoalah, semoga didekatkan dengan jodoh yang bisa menerima kita apa adanya..



Semoga kita semua dijauhkan dari stress, dan apabila ada yang sudah terlanjur stress semoga tidak makin stress setelah membaca tulisan ini..








Salam, Lucky
"stress bisa terjadi pada siapa saja, ini terbukti pada diri saya sendiri.."

0 komentar:

Post a Comment