Dengan Segelas Kopi

15.11.11

Akhirnya ada niat juga nerusin sambungan cerita yang ini.. Sekilas flashback dari part 1..

Gw dapet panggilan dari sebuah perusahaan yang menamakan dirinya KBRU.. Entah dimana tempatnya, entah gw ngelamar untuk posisi apa, pokoknya gw sanggupin untuk dateng buat tes sama wawancara.

Tapi, karena gw gak tau Jakarta, gw tanya bokap ternyata bokap juga gak tau daerahnya.. Akhirnya dengan inisiatif bokap, beliau minta bantuan warga RW 02 lewat speker mesjid. Ide mujarab, ternyata ustad Jupri, yang juga guru ngaji gw, kantornya deketan sama lokasi tes gw. MANTAAAAPPPP!!!!

Masalahnya, ustad Jupri berangkat kantor jam 5 subuh. Jadi mau gak mau, gw mesti bangun juga jam segitu.. UUGGHH!!!!




Jam enam lewat tiga puluh menit pagi.. Gw dateng terlalu pagi.. Tapi ya gak apa-apa lah, daripada telat..

Setelah perjalanan empat puluh menit dengan bus jemputan departemen keuangan, akhirnya gw menapakkan kaki di kawasan pertokoan Cempaka Mas. Jakarta emang paling bisa gw nikmatin cuma pas pagi hari kayak begini. Enak. Belum ada macet. Pikiran jadi gak penuh sama caci-maki dan sebangsanya. Dan emang ini yang gw butuhin saat ini. Ketenangan.. Soalnya gw mau menghadapi interview, jam delapan pagi ini.. Disalah satu dari banyak ruko-ruko yang berjejer disini. Emang bener ya ada perusahaan yang bikin kantornya di ruko?

Setelah berputar-putar dari satu blok ke blok yang lain, akhirnya gw baru nyadar kalo gw kesasar. Dan dodolnya lagi, kok baru sadarnya setelah muter-muter kesana kemari!!!

Untungnya ada satpam yang kebetulan lewat, dan si satpam berengos tapi baik hati itu akhirnya menunjuk satu ruko yang plang namanya paling gede. Tulisan "KBRU" gede banget, berwarna merah, dengan background putih polos. Di kirinya ada Bank Sinar Mas, di kanannya ada perusahaan ekspedisi. Ya!!! itu dia perusahaan yang memanggil gw.

Dan ternyata tempatnya gak jauh dari gw turun jemputan departemen keuangan tadi.. Gilee!! Plang nama segede gaban kayak gitu bisa-bisanya gak keliatan!!!

Baru jam tujuh kurang sepuluh.. Gw celingak celinguk didepan kantornya. Mau masuk kedalem tapi kok masih sepi. Belum ada resepsionisnya.

"Ehheemm.. Cari siapa, Mas?", ada penampakan dibelakang gw.

"Kalo mau minta sumbangan, agak siangan aja ya, Mas. Belum ada yang dateng", kata pemanpakan yang berkostum satpam.

Anjrit!! Gw disangka nyari sumbangan sama si penampakan satpam!!! Mentang-mentang gw bawa map!!

Padahal gw dah cakep banget pagi ini. Kemeja tangan panjang abu-abu sama celana panjang item polos yang baru diseterika licin sama Nyokap.. Beeeuuuuhhhh.. Kurang apa coba? Masa gak keliatan kalo gw ini seorang engineer fresh graduate!!

"Saya ada tes jam 8 pagi ini, Pak", gw sok ramah. Padahal dalem hati dongkol bener.

"Oooowww tes. Bilang dong, Mas. Jangan celingak celinguk kayak gitu. Lagian pagi bener sih datengnya? Namanya siapa? Dipanggil sama siapa kemaren?" sambil tuh satpam menuju meja resepsionis terus bolak balikin lembaran buku daftar tamu yang dipanggil buat wawancara.

"Nino, Pak. Dipanggil sama Ibu Rani.."

"Oke, jam 8 ya jadwalnya? Di tuunggu aja, mas.. Ibu Rani biasanya dateng jam 8 kurang 10. Duduk dulu aja.." sambil nunjuk ke arah kursi tamu di depan meja resepsionis.

Kantornya emang gak gede-gede banget, cuma seukuran dua ruko 8x10 meter. Tapi setingan kantornya lumayan lah. Bergaya minimalis, alias kosong melompong.. Hehehehe, becanda... Tapi, bagus kok beneran.. Menimbulkan kesan "lega".

Masih jam 7 kurang.. Gw harus menunggu satu jam.. Huh.. Ternyata ada rasa deg-degan juga. Padahal bukan wawancara kerja yang pertama buat gw.

Tepat satu jam gw nunggu, Ibu Rani dateng, dan gw langsung dipanggil ke ruangan tesnya. Pas gw nunggu tadi, ternyata ada juga tiga orang lagi yang mau ikut tes hari ini. Yang dua cowok, yang satu cewek. Tapi gak ada hal yang pengen gw ceritain tentang mereka. Mereka kan saingan gw, ngapain gw sok akrab kan? Wakakaka..

Tes pertama, matematika dasar, waktu 1 jam.. Ya ampuuunn, kok soalnya kayak gini? Tambah-tambahan, kurang-kurangan, bagi-bagian.. Duuuuhhh.. Untung aja neh kepala udah terlatih ngitung-ngitung utang semasa kuliah.. Jadi tes pertama ini, lancar!!!!

Tes kedua, logika, waktu satu setengah jam.. Walau agak susah berfikir dengan logika, tapi alhamdulillah lancar!!!!

Tes ketiga, bahasa inggris, satu jam... Walau muka oriental, kemampuan bahasa inggris gw lumayan laaaaahhh.. Paling gak kalo cuma say Thanks thanks mah bisa lah.. Hehehe

Tes keempat, setelah istirahat makan siang adalah tes wawancara.. Estapet terakhir dari runtutan tes hari ini. Udah hampir kembung neh kebanyakan tes.

Dan yang mewawancara gw adalah salah satu direksi perusahaan tersebut. Gw inget nama beliau pak Thomas.

Dan kira-kira begini neh rangkuman wawancaranya...

Pertanyaan pertama, "Mau wawancara dalam bahasa indonesia apa in english?"

"Lebih baik dalam bahasa Indonesia saja, pak. Biar semua yang saya ingin sampaikan kepada Bapak bisa tersampaikan dengan baik dan tidak ada salah pengertian nantinya..", alesan yang mengada-ada tapi masuk akal kan?

"Bisa saudara terangkan pada saya apa yang saudara ketahui tentang perusahaan ini?"

Waduh!!! Gw sama sekali gak tahu perusahaan macem apa ini..

"KBRU sejauh yang saya ketahui adalah perusahaan broker, Pak.. Tapi jujur saya belum begitu banyak tahu mengenai perusahaan ini, oleh karenanya apabila memang saya diberikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini, saya bisa pastikan pada Bapak bahwa saya tidak akan mengecewakan perusahaan ini..", berikan lah janji, karena pada dasarnya orang akan senang apabila kita berani menjanjikan sesuatu.

"Saya melihat nilai-nilai saudara selama kuliah kurang bagus, ya? Tidak cocok dengan kuliahnya atau emang saudara orang yang malas belajar?"

Waaahhh.. pertanyaan soal nilai kuliah.. Pertanyaan yang paling menyebalkan..

"Saya memang akui nilai-nilai saya kurang baik dalam beberapa mata kuliah, tapi saya yakin nilai-nilai yang tertera didalam lembaran itu tidak sepenuhnya merupakan gambaran kemampuan saya yang sebenarnya. Dan akan saya buktikan apabila Bapak memang berkenan memberikan saya kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini.", akui setiap kekurangan yang memang kita miliki, dan selalu berusaha menunjukkan kita ini orang yang mau memperbaiki kekurangan diri kita..

"Saya hanya bisa menawarkan saudara gaji sebesar 1,5 juta perbulan. Dengan fasilitas asuransi kesehatan dan jiwa untuk anda, selama saudara bekerja disini. Apa anda bersedia? Dan kami mungkin tidak akan bisa memberikan lebih dari itu.."

Dan pertanyaan soal gaji yang kadang bikin kepala pusing.. Apalagi kalo gaji yang ditawarin kecil, dan gak bisa dinego lagi..

"Sebenarnya saya punya banyak rencana dengan penghasilan yang akan saya terima, sejujurnya saya mengharapkan bisa mendapatkan nilai yang lebih dari itu, tapi apabila memang memungkinkan, saya meminta waktu beberapa saat untuk memikirkan penawaran ini... Dalam waktu dua hari akan saya berjanji akan menghubungi pihak Bapak lagi, dan akan saya berikan jawaban..", jujur gajinya kecil dan mungkin emang untuk urusan ini gw masih belum bisa berfikir sendiri.. Mesti nanya sama bokap nyokap dulu..

"Oke, tidak masalah.. Kami akan menunggu jawaban saudara Nino.. Dan kami berharap saudara Nino bisa bergabung dengan perusahaan ini.."

Dan jabatan tangan dengan pak Thomas mengakhiri sesi wawancara ini..

Dan begitu sampe rumah, gw ceritain semua ke Bokap soal penawaran gaji yang cuma sedikit tadi. Bokap cuma bilang, "kalo mau ngerasain kerja, mulailah dari sesuatu yang kecil.. jadi, nanti kalau kamu udah bisa menghasilkan yang besar, kamu gak akan merendahkan yang berpenghasilan kecil..", dan Bokap ada benernya juga. Lagi pula susah juga cari kerja di Jakarta. Apalagi sekarang lagi jamannya perampingan jumlah pekerja.

Akhirnya dua hari setelah wawancara gw telpon lagi Ibu Rani, dan gw menyatakan siap bergabung sama KBRU, sebuah perusahaan broker asuransi yang masih anak perusahaannya Sinar Mas.. Dengan gaji cuma 1,5 juta perbulan..

Kecil kan gajinya? Tapi gak gw sesalin karena dari mereka gw justru banyak belajar... Dan itu nilainya jauh lebih besar dari nominal 1.500.000 perak..

Nanti disambung lagi.... Sambil gw kenalin gimana suasana kerja pertama gw..






Nino, Tangerang abis lebaran 2008
Kerja berangkat jam 5 subuh, pulang jam 8 malem..

2 comments: