Dengan Segelas Kopi

7.2.11

Dan, Gw pun Mencontek..

Diantara banyak musim yang terkenal di Indonesia (untuk contohnya, musim rambutan, musim duren, musim kawin, musim f4, musim rambut dibonding, musim celana boxer, musim layangan), ada satu musim yang paling gw benci banget. Musim UJIAN!!!

Berhubung semester kemaren IP gw nembus 2,8 lewat, jadi semester ini gw bisa ambil banyaaaaaaaak SKS tanpa harus ngemis-ngemis ke dosen pembimbing buat minta tambahan jatah. Gw dengan bangga, mengambil 24 SKS, dengan 11 mata kuliah.

Dan ini lah susahnya kalo keinginan kadang gak sebanding sama kemampuan, sekarang gw yang bingung sendiri saat ternyata semua mata kuliah yang gw ambil harus ada ujiannya (ya iya laaahhhh..).

Minggu ini gw ujian tengah semester, dan gw baru tau ternyata dalam 2 minggu kedepan, hampir tiap hari gw akan ujian. Malahan ada beberapa hari yang harus gw jalanin dengan dua ujian sekaligus!! Keren!!

Begini lah nasib jadi mahasiswa dengan otak pas-pasan, tiap mau ujian udah panik duluan bawaaannya.

Gw harus belajar!!! Biar IP semester ini paling gak bisa sama kaya kemaren.

Gw harus belajar!!! Belajar? AAAAGGGHHHH!!!

Baru denger kata "belajar" aja otak gw langsung kram!!!

***

Minggu pertama ujian tengah semester, semester ke 8... Dan hari-hari gw laluin dengan hal yang gak biasa gw lakuin. Belajar.

Senin pagi banget, Proses Transfer (3 SKS), gw dah pernah ngambil kuliah ini sebelumnya. Ngulang.. Dan mata kuliah ini abstrak banget. Intinya adalah gimana kita bikin pemodelan dari suatu proses perpindahan panas atau massa atau energi yang dikasuskan. Dengernya aja udah kebayangkan susahnya? Dan... karena gw seminggu penuh belajar mata kuliah ini, akhirnya ujiannya bisa gw lewatin dengan sempurna!! Wakakaka.. Takabur..

Selasa pagi banget, Pengantar Penelitian (1 SKS), udah berkali-kali gw ambil mata kuliah ini, dan anehnya nilainya kok gak lebih dari C. Padahal tiap taun gw ambil mata kuliah ini, soalnya selalu sama. Diulang-ulang. Aggghhh!!! Cuma 1 SKS tapi bikin penasaran. Dan seperti yang udah diprediksi, soalnya sama dari tahun ke tahun. Dah apal diluar kepala, gancil dah..

Selasa lagi, ujian yang kedua agak siangan, Proses Industri Kimia 2 (3 SKS), baru kali ini gw ambil kuliah ini neh. Gw lumayan paham sih kalo pelajaran yang ini.. Bisa dilalui dengan mudah.. Wakaka.. Kadang gw baru sadar kalo gw ternyata cukup pinter.

Rabu, libur.. Alhamdulillah... Bisa ngompres kepala bentar pake aer aki.

Kamis agak siang, Alat Industri Kimia (3 SKS), mata kuliah tentang perancangan alat-alat yang biasa ada di industri. Rancang-rancang pompa, kompresor, dan lain sebagainya. Gara-gara libur kemaren, gw jadi kebanyakan tidur. Tadi pagi juga bangun kesiangan. Belajar gak maksimal deh. Aggghhh!! Ujian kacau. Bahan yang gw kopi ternyata gak ada yang keluar di ujian.

Jum'at pagi, Operasi Teknik Kimia 2 (3 SKS), mata kuliah dewa juga.. Aggghh.. Kayaknya gw dah salah ngambil mata kuliah deh. Terlalu banyak mata kuliah dewa gini. Kacau. Ujian hari ini gak banyak yang bisa gw lakuin. Hampir semua soal perancangannya maksa gw untuk ngambil asumsi (apa ya asumsi tuh?), jadi hampir semua jawaban gw udah salah dari awal. Soalnya asumsi gw salah (apa sih asumsi tuh?). SSSSSIIIIAAAALLLLLLLL!!!!!!!! Mental makin terpuruk!! Dan gw asumsikan, gw makin menderita cacat mental stadium lanjut.

Sabtu, libur.. Ngecek jadwal ujian.. Minggu depan ada 2 hari dimana gw bakalan ujian dobel. Mantap!! Belajar.. Belajar..

Minggu, libur.. Jalan-jalan ke sunmor (sunday morning) di bunderan UGM. Ngompres otak sebelum belajar lagi. Lumayan, cuci mata..

Senin, pagi, Hukum Perburuh dan Milik Perindustrian (1 SKS), siapa bilang anak teknik kimia gak ngerti hukum? Kita ini tau semua ilmu.. Wakkaka.. Sombong banget ya? Untuk ujian ini, bisa gw lewatin dengan mudah. Harusnya gw masuk jurusan Hukum aja, pasti gw udah cumlaude!!!

Selasa, pagi banget, Kewirausahaan (1 SKS), siapa bilang anak teknik kimia gak bisa jadi wirausahawan? Wow.. Kita ini dituntut loh biar bisa kreatif, terus bikin usaha sendiri. Karena ujiannya cuma presentasi paper berkelompok, gak ada masalah.

Selasa, abis makan siang, Termodinamika 2 (3 SKS), gw gak paham apa itu entropi, entalpi, panas laten, aaaaggghhh!! So pasti, ujian gw berantakan. Ancur!!! Pulang ke kost dengan wajah tertunduk pucat pasi. Ujian ini mulai membunuh mental gw.

Rabu, Elemen Mesin (2 SKS), mata kuliahnya anak mesin. Yang di pelajarinnya tentang tipe-tipe material yang biasa dipake buat nyusun mesin. Kita belajar ini biar gak ketipu sama anak mesin kalo kita mesen mesin sama mereka. Dan sialnya, sekarang aja gw udah ketipu sama dosennya. Dia ngasih soal yang gak ada di silabusnya. Aggghhh!!! Apa-apaan ini!!!! Dah belajar dari diktat tebel banget, ternyata gak banyak yang keluar dari sana. Gw makin cacat mental. Apa yang dipejarin apa yang diujianin.. Apa-apaan!!!

Kamis, pagi, Bahan Konstruksi Teknik Kimia (2 SKS), belajar soal ketahanan material. Quencing, markquencing, tensile tress, aaggghhh!! Yang ada gw yang stress.. Mana hari ini ada 2 ujian. Jam 1 nanti gw ujian Keselamatan Industri (2 SKS), isinya apalan semua!!! Kepala gw udah gak bisa nampung apa-apa lagi..

Tadi malem badan gw panas, gw kebanyakan belajar dua minggu ini. Gw gak bisa konsen belajar lagi. Akhirnya... Gw bikin contekan. Agghhh.. baru kali ini gw nyontek selama gw kuliah. Gw bikin tulisan kecil2 di kertas kecil. Gw lipet2, gw masukin ke tempat pensil gw. Kayak jaman SD dulu.. (Maklum lah, masih amatiran)

Pas didalem kelas, kalo pengawas lagi lengah, pura-pura nyari pulpen didalem tempat pensil sambil sesekali lirik-lirik lembaran kertas tadi. Asal kertasnya gak jatoh ke lantai, pasti gak akan ketauan. Walau deg-degan mah pasti ada aja. Yang penting muka tetep cool..

Aggghhh... Dua ujian terakhir bisa dilewatin dengan mencontek.. Ya Allah, ampuni Nino ya Allah.. Biar lulus cepet.. Kan demi ortu juga.. Hehehehe...






Nino - Ujian Tengah Semester 8

"Ternyata nyontek asik juga.. Adrenalin terpacu.. Wakakaka.. Buat yang belum cukup umur Tolong Jangan Meniiru Adegan Ini!!!"

2 comments:

  1. waw kalo aku di tekim ipku berapa ya?

    ReplyDelete
  2. jangan masuk tekkim deh, fin.. kalo aku rektornya udah aku bubarin aja deh tuh jurusan waakakka (anarkis banget..)

    ReplyDelete