Dengan Segelas Kopi

19.8.10

Akhirnya enam tahun yang indah di Jogja harus berakhir.. Akhirnya usai sudah semua perjuangan panjang untuk bisa lepas dari cengkeraman kampus penghisap darah ini!! Wahaha.. Sekarang gw bebas.. Emak.. Babeh.. Anakmu ini sudah kembali kepangkuan kalian.. Dengan ijasah ditangan tentunya... Dan sekarang adalah masanya buat mencari kerja.. YA, KERJA.. K.E.R.J.A... (Huuh.. pengennya sih cuma males2an dirumah, tapi bokap udah ngentiin pasokan uang jajan, jadi gw mesti nyari sendiri..)

Seminggu setelah lebaran, tepatnya dua hari yang lalu.. Gw ditelpon buat panggilan kerja di salah satu perusahaan.. Ternyata walau gw kayak dodol gini (lengket2 gak jelas, tapi manis..), ternyata ada juga yang membutuhkan tenaga gw!! Panggilan wawancara kerja yang ke dua buat gw!! Harus berhasil!!!

*Flashback 2 hari yang lalu, abis pulang jumatan di mesjid depan rumah...

R&D : Selamat siang, dengan Bapak Nino?

Gw : Iya, saya sendiri.. ada apa ya, Mba? (suaranya tuh cewek yang diseberang sana mantap bener dah..)

R&D : Saya Rani dari PT. KBRU, pak.. Bapak pernah mengirimkan aplikasi kepada kami, dan kami mengundang Bapak untuk dapat mengikuti tes pada hari Senin besok pak, pukul 8 pagi.. (Rani? hmm.. dari namanya aja gw udah bisa nebak neh orang pasti cakep.. hehe)

Gw : PT apa, Mba, tadi? (gw ngerasa gak pernah ngirim lamaran ke tempat itu deh.. hehehe..)

Rani: PT. KBRU, pak.. Gimana Pak Nino? Bisa datang?

Gw : Oh.. Iya Bu Rani, sayah pasti datang.. Ngomong2, PT. KBRU itu alamatnya dimana ya, Mba?

Rani: Di Cempaka Putih, Pak.. Di samping ITC Cempaka Mas persis.

Gw : Ohhh.. gitu.. Oke saya akan datang.. (gw sok tau aja.. padahal gak ngerti sama sekali)

Rani: Baik, pak, terima kasih..

Gw : Eh, Mba Rani, maaf, saya waktu itu ngelamar untuk posisi apa ya, Mba? (kebiasaan suka asal kirim lamaran..)

Rani: Untuk posisi MT, pak Nino..

Gw : Oh.. Iya, ya.. Oke, Makasih Mba Rani.

Rani: Kami tunggu kedatangannya, ya Pak Nino.. Selamat siang..

Sumpeh gw gak tau ini panggilan kerja dari perusahaan yang kayak gimana.. Otak masih penuh sama kacang goreng + kue nastar, jadi males banget buat nyari informasi..

PT. KBRU.. Lokasinya di Cempaka Putih.. Deket ITC Cempaka Mas.. Dimana tuh? Gile, gw buta banget sama Jakarta.. Maklum lah, selama ini gw kelamaan ngangonin bebek di Jogja, jadi linglung kalo harus pergi ke kota. Hal pertama yang harus gw lakuin adalah, curhat sama bokap. Secara bokap kan harusnya sering ke Jakarta.. Jadi, semestinya tau dong angkot kesana naek apa aja..

Gw : Beh, Nino ada tes besok, Beh..

Babeh : Nyang bener, lo, No? (lah.. bokap gw kok jadi versi betawi gini?)

Gw : Didaerah Cempaka Putih, Pa.. Naek apa ya, Pa, kesananya?

Bokap : Cempaka Putih, ya? Hmmm.. Kalo ke Cempaka Putih berarti naek angkot, ya.. Kalo naek ojek jauh gak,No?

Jiiiaahhh.. Ternyata bokap juga gak tau.. OMG.. Bapak sama anak sama-sama buta angkutan kota di ibukota.. Gini neh kalo dimanjain sama kendaraan pribadi.. Bokap sih kalo kemana-mana selalu dianterin sama si Berby (mobil kijang kunonya bokap, yang baru2 ini di cat warna pink!!!), jadi, apa-apa serba gak tau..

Untung aje bokap yang notabenenya adalah pengurus mesjid (wuuiihh.. beda banget dah tingkat keimanannya sama anaknya. hehe), punya otoritas untuk menggunakan fasilitas speker mesjid.. Hingga tibalah saat paling memalukan itu tiba.. Di suatu minggu pagi menjelang sehari kepergian gw ke medan tes kerja..

"Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.." bokap mulai bercuap di udara.. "Innalilahhi wa.. Eh maaf, salah.. Pengumuman.. Pengumuman.. Jemaah Masjid Al Ikhwan yang insyaAllah dirahmati Allah... gini.. sebenernya," nah bokap malah curhat.. "Si Nino tuh yang anak saya yang udah jadi sarjana lapuk itu besok ada tes kerja.. Ada yang tau gak ancer2nya ke Cempaka Putih dari sini naek apa, ya?" *GUBRAAGGGHH..

Seharian banyak tamu dateng ke rumah gara-gara kelakuan bokap yang ajaib ini.. Sebagian emang niat bantuin ngasih tau jalan, tapi banyak juga yang dateng cuma sekedar penasaran bagaimana penampakan pasangan Bapak dan anak yang menggunakan peralatan mesjid untuk kepentingan pribadi ini.. Dan gw mending dikamar aja dah, pura-pura tidur.. Malu gila!!! Bokap sih keliatan bahagia-bahagia aja. Malah dia seneng banget waktu ada tetangga yang mau minta bantuan bokap buat ngumumin ke warga pake speker mesjid kalo anaknya mau disunat.. Lumayan katanya, ngirit biaya undangan..

...........

Pas makan malem bokap bilangin kalo besok gw berangkat bareng Ustad Jupri. Beliau juga kerja di daerah Cempaka Putih, dan jemputannya pak Ustad kebetulan bener ngelewatin ITC Cempaka Mas. Bersyukur deh, akhirnya gak repot harus naek angkot, tapi yang jadi masalah adalah.. "Jemputannya berangkat jam 5 subuh!!!" Hehehe.. Malem ini gak boleh begadang deh.. Persiapin diri buat besok.. Gw mesti bisa ngasih hasil yang terbaik..

Ya.. paling gak jangan sampe malu-maluin banget deh.. PT. KBRU, tomorrroooww I'll comeeeee!!!!




Tangerang, seminggu abis lebaran tahun 2009, dan besok tes kerja!!
"Bismillah aja.. Kalo rejeki pasti gak kemana..
BTW, kacang bawang bikinan nyokap emang juara!! hidup kacang bawang!!"


MyEm0.Com Jempol buat bokap yang udah niat banget bantuin anaknya..


5 comments:

  1. hebat.. ini tulisannya udah dibuat lama apa tulisan baru dengan cara inget kenangan lama mas?

    ReplyDelete
  2. @fina: wow.. akhirnya aku buka lagi blog ini.. kangen nulis.. abis nikah jadi gak niat lagi nulis wakakaka..

    tulisan2 lama waktu jaman kuliah dulu, fin.. iseng2 aku posting, mangkanya kan alurnya gak jelas.. hehehe..

    ReplyDelete
  3. waw udah nikah.. selamat yo mas..
    cerita cerita terus dong di blog ini..
    sayang kan kalo dianggurin gitu aja hhe

    ReplyDelete
  4. @fina: hehehe makasih ya fin.. duh lagi miskin ide neh.. dikepala kebanyakan mikir yang laen sih.. hehehe.. tapi tetep nulis kok, walau tulisannya cuma sekelas anak SD gini hehehe..

    btw, aku dah baca novel-mu.. siiippp!!! teruskan menulis!!!

    ReplyDelete
  5. haloo.. Mau nanya masih berkarir di KBRU

    ReplyDelete