Dengan Segelas Kopi

14.7.10

Gw gak pernah nyangka kalo masuk jurusan teknik kimia bakalan sesusah ini.. Dan dari semua yang harus gw hadepin, mata kuliah Perancangan Alat Proses adalah salah satu yang paling bisa bikin gw mau muntah..

Dan, hari senen besok, gw ujian tengah semester mata kuliah Perancangan Alat Proses.. 3 sks.. Tujuan mata kuliah ini adalah biar kita bisa ngerancang2 alat pabrik (jadi gak dibego2in sama anak2 teknik mesin..)..


*Kronologis menjelang ujian tengah semester...

Suatu sabtu siang, dikampus tercinta..

Ujian tengah semester tinggal menghitung hari, tinggal hari ini sama besok.. Dengan kata lain, senen udah mulai ujian.. Jadi, udah selayaknya lah kampus dipenuhi kesibukan para mahasiswa untuk mempersiapkan segala catetan buat ujian nanti..

Ada yang deketin temen2nya yang dianggep pinter buat minjem catetan.. Ada yang deketin kakak2 angkatannya biar bisa diajarin.. Ada yang motokopi catetan.. Ada yang motokopi diktat SP (soal dan penyelesaian).. Ada yang coba2 deketin dosen biar dapet bocoran (apalagi kalo dosennya masih bujangan.. wwuuiihhh).. Ada yang bikin contekan (gw gak termasuk.. kalo gw biasanya bikin contekan ya di rumah gak di kampus..)

Ughh.. Kampus berasa sumpek.. Gak di koridor, di lobbi, di perpus, sampe di kantin semua orang ngebahas masalah ujian..

Dan, gw yang cuma bisa sambil 15 sks semester ini (gara2 IP semeser lalu agak memprihatinkan), ikutan latah juga. Latah ikut-ikutan bersusah payah minjem catetan kesana kemari.. Latah ikut2an ngumpul dan belajar bareng sama "Perkumpulan Anak Berkacamata Nako Nasional", disingkat "Pernak Bernas" (perkumpulan yang isinya anak2 dengan ukuran otak yang jauh lebih besar dari gw plus kacamata yang lensanya setebel kaca nako).. Semua gara2 ikut2an aja..

Dan, alhasil....

Dalam sekejap, persiapan gw udah cukup mateng untuk menghadapi semuanya.. Catetan punya.. Semua bahan udah gw punya.. Jadi tinggal baca, terus diapalin, ujian pasti bisa.. Belajar udah (paling gak udah liatin orang2 belajar tadi.. udah cukup bagi gw..).. Jadwal ujian udah gw catet... Kartu ujian udah gw ambil di TU.. Bener2 mateng!!! Wahahahahaha... Jadi bisa santai dulu deh malem ini..

Gw lagi demen banget maen Football Manager neh (ketularan si Bagas).. Tiap ada waktu kosong (ya, walaupun emang tiap hari waktu gw kosong.. secara kuliah cuma 15 jam seminggu.. kan cuma 15 sks.. wahahhha), gw abisin buat ngegame.. Biar waktunya gak mubazir juga..

Malam ini, waktunya ngeeegaaaameeee..

-----------

Sabtu malem minggu.. Maen game sampe subuh..

-----------

Minggu.. Bangun udah siang.. Laper.. Beli makan.. Tidur lagi...

Bangun pas azan magrib.. Gileee!!!! Bahan belum kesentuh..

Mandi, terus beli makan lagi di angkringan Mas Endang.. Ughhh.. Gara2 tidur seharian neh, jadi gak enak badannya.. Bawaannya ngantuk terus..

"Mas, minta kopi dong satu.." disela2 makan nasi kucing plus gorengan tempe..
"Mau begadang ya, No? Ujian po besok?" dalam sekejap kopi pun terhidang..
"Iya neh, mana belum belajar.. Males banget mas bawaannya.."
"Kalo males, gak usah kuliah lagi aja, mending bantuin saya neh jualan nasi.. hehehe jadi asistenku wae, piye??"
"Ogah!!! Hehehe mas matur suwun, ya..." kopi seteguk langsung abis.. ngaciiiirrr
"No, bayar dulu, lah.."
"Kas bon dulu aja Mas.. Hehehehe "
"Bocah uedan!!! Mahasiswa pengeretan.."

-------------

Minggu, jam 8 malem..

Kenyang.. Istirahat dulu ah.. Abis makan tuh gak boleh belajar.. Bisa bikin mual.. (alesan doang..)

Sambil istirahat maen game dulu..

-------------

Minggu, jam 11 malem...

Masih asik ngegame...

------------

Senen pagi, saat semuanya gak bisa lagi disesalin...

Jam 7 kurang 20 pagi.. Bagi gw, ini masih sangat pagi untuk memulai satu aktivitas... Tapi mau gak mau gw mesti berangkat kekampus..

Kurang tidur.. Semalem begadang sampe jam 2 pagi..

Belum belajar sama sekali, dan sekarang mata yang masih rapet ini harus dipaksa untuk bisa mentrasfer apa yang gw baca biar sampe ke otak cuma dalam waktu kurang dari setengah jam.

Gak pake mandi2 lagi, gw langsung pergi ke kampus.. Ujian jam 7.30, dan gak ada lagi yang bisa gw lakuin kecuali bisa sampe ruangan tepat waktu..

------------

Senen, 11.30 siang..

Ujian gw ancur total.. Dari 6 soal, gak ada satupun yang bisa gw isi selain nama sama nomor mahasiswa gw!!Gw mau nenangin diri dulu di kantin.. Makan gorengan sambil minum nutrisari dingin. Biar dingin juga neh kepala.. Tapi, kayaknya saat ini bukan saat yang tepat buat ada di kantin...

Sayup2 disudut paling kanan kantin, deket parkiran, anak2 angkatan dibawah gw, malah pada diskusi.. Orang2 tipe begini neh yang pengen banget gw timpuk pake botol kecap... Abis ujian bukannya pulang malah diskusi di tempat umum..

"Gimana ujian PAP tadi?" target pelemparan botol nomer 1
"Lumayan sih.. Tapi ada 1 nomor tuh yang aku gak tau gimana ngerjainnya.. yang nomor 3.." target pelemparan botol kecap nomer 2
"Yahhhh.. yang nomor 3 kan pernah dibahas di kelas sama bapaknya.. itu sih gampang. Makanya jangan bolos terus.. Yang aku gak bisa itu malah nomor 1.." ini neh ada lagi yang ikut2an nyolot.. Target pelemparan botol kecap yang ke 3
"Nomor 1?? Yang rancang tangki? Bukannya malah gampang ya? Cuma emang ada data yang harus kita tentuin sendiri.. kita asumsi..." si target nomer 1 mulai nyolot neh..
"Ooohhh... berarti aku bener dong.. Aku pikir tadi tuh gak boleh pake asumsi.." si target nomer3 memanaskan suasana.. "Aku yakin bisa dapet A neh.." botol kecap udah menari2 neh...
"Harus lah.. Soalnya ujian kali ini gampang sih.. Yuk pulang.."

Untung lah mereka bubaran.. Botol kecapnya ibu kantin jadi aman deh..

Baru kali ini neh makanan di kantin terasa bener2 hambar (biasanya cuma hambar doang.. gak sampe bener2...). UUgghhh.. Mending pulang aja lah, Football Manager menunggu untuk dimaenin lagi.. Persetan dengan musim ujian.. Semester depan juga gw masih disini..

"Mas Nino.. Bayar dulu lah, Mas.." Ibu kantin menjegat langkah gw waktu ngendep2 mau kabur..
"Bu, kasbon dulu ya... Belum gajian neh.." muka memelas, mata disayu2in.. akting.. akting..
"Huh.. Masa ngutang terus sih Mas Nino.."
"Bukan ngutang, Bu.. Tapi kasbon.. Hehehe.. Matur suwun'e,Bu.." ngaciiiirrrrrr....




Nino, ujian tengah semesternya semester 4...
"bakalan banyak ngulang lagi neh semester ini... huh..."

0 komentar:

Post a Comment