Dengan Segelas Kopi

12.7.10

Hari ini gw lagi sibuk2nya.. Mulai dari tadi pagi, sampe hampir menjelang sore, gw hampir gak ada kesempatan buat nganggur.. Maklum deh, besok udah mulai ospek, jadi banyak perlengkapan yang harus gw bikin..

Beberapa perlengkapan yang harus dibikin sendiri... :

1. Tas dari karung terigu bekas.. Tali tasnya harus dari sumbu kompor..

Gw sama temen2 sekelompok ospek keliling2 pasar Bringharjo (pasar tradisional di Jogja) dari pagi cuma buat nyari karung.. Dan sialnya, harganya langsung meroket.. Gile, penjual di pasar ngerti banget dah sama prinsip ekonomi. Makin banyak permintaan, ketersediaan barang terbatas, maka harga naek, ssiiaaalll!!! Alhasil yang biasanya tuh karung boleh kita minta gratis, malah jadi harus bayar 5000 per bijinya..

Sebenernya sih kalo mau gampang, didepan kampus udah banyak penjual dadakan yang menjajakan perlengkapan ospek, ya salah satunya tas itu.. Udah dijait, dibikin yang bagus bener dah. Cuma.... harganya itu yang gak nguatin, 25 ribu perbiji.. Kalo gw jelas gak akan sanggup beli, soalnya hari sebelumnya uang udah abis banyak buat belanja keperluan di kos... Jadi uang segitu masih sangat berharga untuk tidak dihambur2kan..

2. Papan nama (buat dikalungin di leher..)

Nah ini lagi jadi masalah.. Mentang2 semua orang nyari kardus, harga kardus jadi melejit.. UUUGGGHHH!!! Bener2 jago nyari peluang dah neh orang2 Jogja.. Masa mahasiswa pengeretan kayak gw masih mau diporotin juga..

Jadi gini neh, tiap kelompok tuh isinya 15 orang.. Masing2 berasal dari jurusan yang berbeda2, tapi masih fakultas teknik semua. Di ospek ini lah, gw bisa kenal anak2 dari lain jurusan.. Jadi sedikit banyak bisa nambah luas pergaulan juga.. Sebenernya sih yang diharepin ya bisa kenal sama anak2 arsitek kalo gak industri, soalnya mereka kan banyak mahasiswinya, terus cakep2, siapa tau ada yang kecantol... Itung2 ngurangin umur ke jombloan gw yang udah hampir menembus angka 20.. (ini kok gak nyambung ya sama masalah papan nama?? pokoknya sih papan nama mah beres lah..)

3. Topi perkelompok.. (gak boleh sama bentuknya sama kelompok yang laen..)

Sebenernya perkara yang gampang sih buat bikin topi, tapi karena takut sama dengan kelompok laen, malah jadi lama nyari idenya (topi harus beda2..).. Alhasil karena udah bingung mau bikin apa, akhirnya karton tadi dilipet jadi perahu2an gede aja.. Walau gak nyaman dipake dikepala, tapi cukup unik lah.. Setidaknya gak ada yang nyamain.. Kalo udahan ospeknya, topi perahunya bisa dilayarin di kali Code (baca : code, buka kod) belakang fakultas.. Duo fungsi..

Kelompok ospek gw namanya "quardz" (bener gak ya nulisnya?), artinya bagian2 kecil yang menyusun atom.. Kalo dulu kan orang mikirnya atom tuh bagian terkecil dari suatu benda, nah.. ternyata atom itu juga disusun atas sesuatu, namanya ya quardz ini lah kayaknya gak ada "z"-nya deh..).. Kayak yang udah gw bilang tadi, isinya macem2 orang dari tiap jurusan di fakultas teknik.. Ada anak mesin 2 orang, anak kimia 2 orang, anak sipil 2 orang, anak arsitek 2 orang, anak geologi 1 orang, anak geodesi 1 orang, anak elektro 2 orang, anak fisika 1 orang, sama 2 orang anak D3 mesin..

Walau cuma dapet waktu 2 hari untuk menyiapkan segala sesuatunya (sabtu pengumuman anggota kelompoknya, senen udah mulai ospeknya), tapi bisa dibilang kami cukup kompak lah.. Cukup seru untuk ukuran temen2 baru..

Dan ini lah yang dinanti..

Hari senen, opek dimulai.. Teksa - Teksu, Teknik Sama - Teknik Satu (nama acara yang aneh..). Dimulai dari jam 6 pagi, selesai jam 5 sore.. Dengan seragam kemeja putih celana panjang item, pake dasi item (mirip sales sabun Lux)..

Gak boleh sarapan dari rumah, sarapannya harus di kampus (maksudny, bawa sarapan dari rumah buat dimakan dikampus).. Menunya harus tahu tempe, sama sayur sop (kata panita sih, menu kayak gini ini lah makanan khas mahasiswa UGM, minimalis!!!).. Makan siang dikampus (gratisan nasi bungkus), sholat dikampus, kalo sempet nyuri2 waktu ya tidur siang juga dikampus (dibawah pohon, kalo gak ditempat wudhu alias tidur sambil berdiri)..

Malemnya pulang ke kos dengan banyak tugas yang harus dikerjain.. Ya bikin paper lah, bikin karangan pake bahasa inggris lah, bikin prakarya yang gak meaning lah (bunga2an dari kertas buat dikasih ke panitia yang paling kita kagumin, bener2 gak ada kerjaan..).. Panitia berkata, "maksud kami memberikan tugas banyak adalah untuk membiasakan kalian dengan tugas2 kampus yang jauh lebih banyak dari ini.. Kadang kala kami, kakak2 kalian ini, pernah tidak tidur berhari2 cuma untuk ngerjain tugas.."... (dalem hati gw: "preeettt!!!")

Senen sampe Kamis dengan rutinas yang super sibuk (idem kayak yang diatas dah.. cuma dikali 4 aja..), akhirnya sampelah di penghujung ospek.. Jumat ceria.. Seharian cuma acara seneng2 doang..

Acara dimulai dengan keliling2 jurusan masing-masing plus dikenalin ke semua pengurus jurusan, bersih2 sekitaran fakultas, terus di sore harinya diisi sama pentas seni dari kakak2 angkatan..

Ugh... Akhirnya selesai juga... Dan jas almamater pun dibagikan.. Jas coklat muda agak2 krem dikit ini (warnanya mirip warna karung goni) resmi gw sandang.. Akhirnya resmilah gw jadi mahasiswa... Alhamdulillaaaahhh...

"bakti kami mahasiswa gajah mada semua... kuberjanji memenuhi panggilan bangsaku... didalam pancasilamu jiwa seluruh nusaku.. (ini neh lagunya UGM..lupa terusannya....)"



Nino, hari terakhir ospek, Jogjakarta...
"besok disuruh latihan demo pake jas almamater.. uggghhh!!! aneh2 aje..."

0 komentar:

Post a Comment