Dengan Segelas Kopi

12.7.10

Ini Neh Gambaran Kampus Gw...

Kadang gak pernah nyangka untuk bisa ada di Jogja saat ini.. Padahal Jogja kan tempat darmawisatanya anak2 sekolahan, tapi entah kenapa gw masih sangat excited (bener gak neh tulisannya.. kalo di bahas indonesain tuh artinya "demen") ada di Jogja. Yah.. ini kali yang disebut, "Jogja never ending asia", sesering apapun kita berada di Jogja tetep aja kita gak akan pernah ngerasa puas..

Dan saat ini, gw di Jogja bukan sebagai siswa sekolahan yang lagi ngadain study tour lagi.. Gw kuliah disini.. Di kampus yang terkenal.. Sombong dikit boleh lah.. Hehehehe...

Hmmm... (mikir...)

Hal pertama yang paling gw suka sebagai mahasiswa adalah... Gw boleh ke kampus dengan baju bebas.. Selama ini, sepertiga umur yang udah gw pake buat nimba ilmu di sekolahan, gw selalu pake seragam.. Nah.. Akhrnya, saat ini setelah 12 tahun, bisa juga terbebas dari yang namanya kemeja putih tangan pendek sama celana kaen berwarna..

Sekarang bisa pake jeans, sepatu kets warna warni, kemeja bebas (gak harus putih dengan logo OSIS dikantongnya.. wahhhaa..), boleh juga pake kaos (asal ada kerahnya..)... Sesuka hati... Seganteng2nya diri lo bisa deh (kalo yang ngerasa gak cukup ganteng ya itu mah resiko, ya..)..

Terus pas ngeliat ruangan tempat belajarnya.. Wuuiiihhh... Gede!!! Beda sama ruangan kelas di sekolah yang cuma sepetak2an gitu (kayak rumah kontrakan)..

Dan, baru kali ini juga gw gak harus berbagi meja sama temen sebelahan (jadi inget jaman SD, semeja bisa 3 orang isinya..). Mejanya udah nyatu sama kursinya..Cuma yang gak seru ya gak ada lacinya.. Jadi susah buat nyimpen contekan pas ujian nanti (berarti otak gw ini harus dipaksa untuk berfikir lebih keras lagi gimana caranya nyari celah buat nyimpen contekan.. hehhee)..

Hmm.. Oke deh, sekarang gw terangin deh gimana bentuk kampus gw..

Pertama2, gw pengen kasih gambaran sedikit... Kalo di UGM, tiap fakultas punya komplek perkuliahannya masing2.. Contohnya, Fakultas Teknik misah gedungnya sama fakultas Kedokteran, jadi antara satu fakultas biasanya dipisahin sama jalan prtokol plus pagernya masing2.. Fakultas Teknik letaknya paling pojok dari keseluruhan komplek kampus UGM.. Dan, Jurusan Teknik Kimia sendiri letaknya jauh dibelakangnya lagi.. Jadi, kalo dari gerbang fakultas, kita masih harus menempuh jarak sekitar 400 meter buat sampe ke gedungnya. Kalo jalan kaki ya, gak sampe 5 menit lah..

Disampingnya Teknik Kimia tuh jurusan Teknik Mesin (disebelah kanannya) terus dikirinya Musholla Teknik (alias Mustek), dibelakangnya kali code (kadang kalo lagi beruntung bisa liat ada yang mandi.. kebo tapi..), dan didepannya ada KPTU (Kantor Pusat Tata Usaha)..

KPTU ini tempatnya pengurus fakultas plus dekan sama pembantu2nya (walau sampe sekarang gw masih bingung apa bedanya dekan sama rektor..). KPTU juga dipake buat tempat kuliah mata kuliah umum (kayak pancasila, kewarganegaraan, sama agama).. KPTU ini juga yang jadi sentral kegiatannya mahasiswa seluruh jurusan yang ada di fakultas teknik.. Jadi tempat nongkrong (buat ngecengin ce2 jurusan arsitek sama industri yang modis2..), tempat belajar juga (soalnya banyak meja2 sama kursi yang emang dikhususin buat tempat belajar) , plus tempatnya mahasiswa2 yang berduit lebih (karena punya laptop) buat wifi-an gratis..

Sekarang kita masuk ke jurusan teknik kimia..

Kampus gw ini terbagi dari 3 gedung, 2 gedung penting dan 1 gedung yang gak penting sama sekali..

Gedung penting pertama, 2 tingkat.. Isinya, 3 ruang kuliah S1, 3 ruang kuliah S2, Tata Usaha Jurusan, ruangan2 dosen, 5 laboratorium (Lab. proses, Lab. praktikum kimia 1&2, apa lagi ya.. lupa... Lab. membran dan katalis, Lab. minyak bumi, sama Lab apa lagi ya... 1 lagi lupa.. Pokoknya yang satu itu hubungannya sama titrasi2an gitu dah.. Oh iya Lab. Analisa Teknik..), ruang KMTK (keluarga besar teknik kimia, kayak OSIS-nya jurusan deh..), dan yang gak kalah penting ya Perpustakaan...

Dari semua ruangan yang ada di gedung ini, yang paling sering gw kunjungin itu perpustakaan.. Pertama, dingin karena ber-AC, jadi nyaman lama2 disana.. Kedua, banyak mahasiswi2 yang belajar disana, mata seger... Ketiga, dan yang penting, bisa tidur tanpa ada yang berani ganggu (asal gak ngorok sama gak ngiler)..

Gedung penting yang kedua isinya masih sama, cuma yang ini lebih mantap lagi, ada 3 tingkat.. Isinya 2 ruang kuliah s1, 2 ruang kuliah bersama (yang paling luas ruangannya.. tempat kuliahnya mata kuliah yang diminati banyak orang, alias mata kuliah yang paling sering diulang mahasiswa..), 2 ruang seminar (seminar penelitian, apa perancangan, apa tesis, ya disini ini lah..), aula teknik kimia (biasanya buat kuliah umum yang pembicaranya dari luar jurusan, kalo gak buat acara2 pelepasan wisudawan/ti..) , ruangan dosen2 muda (biar gak ganggu yang tua..), sama 2 laboratorium (Lab. Keramik, sama Lab Operasi Teknik)..

Tapi dari kedua bangunan itu, pavorit gw ya bangunan yang ketiga.. Isi bangunan ini tuh, kantin (peringkat pertama tempat yang paling sering gw kunjungin..), markas Entropy (majalah teknik kimia-nya tekkim UGM), sama markasnya Mapateka (pencinta alamnya tekkim) alias tempat singgah gw kalo lagi pengen maen truft (salah satu jenis permaenan kartu..) kalo gak numpang tidur siang...

Hmmm.. Apa lagi ya?? Yang pasti kampus tuh panas.. Soalnya gersang, jarang pohon.. Udah gitu, jarang pemandangan juga, soalnya kebanyakan temen kuliahnya cowok!! Nasib anak teknik ya begini... Jadi kadang lebih enak tinggal di kos, nonton tv, tidur2an, dari pada kuliah.. Hehehehe..

Sekian ah..



Nino, sebulan pertama di kampus, Jogjakarta..

0 komentar:

Post a Comment