Dengan Segelas Kopi

29.7.10

100 Ribu Buat 2 Minggu...

Sekarang masih tengah bulan, baru tanggal 15.. Uang kiriman baru dateng 2 minggu lagi, tapi uang gw tinggal 100 ribu.. Saatnya mengatur keuangan..

Kalo make rumus pembagian sederhana, sisa uang 100.000, waktu sebelum kucuran dana dateng lagi adalah 14 hari.. Berarti gw cuma boleh ngebelanjain uang sebanyak 100.000 dibagi 14, atau 7142 rupiah dalam sehari... Harus cukup!!!

Pagi, gw gak usah sarapan.. Gak ada juga snack jam 9 di kantin.. Pengiritan!!! Makin tepos aja deh neh perut..

Makan siang, gw cari yang murah.. Nasi sayur plus tempe di Warung "Saerah" (warung makan deket kampus) cuma dibandrol dengan harga 3000.. Cocok!!! Selama 14 hari kedepan cukup makan siang pake tempe!!

Sisa uang tinggal 4142 rupiah lagi.. Berarti makan malem gw maksimal 4000, biar bisa saving 142 rupiah hehehe.. Kalo sehari cuma keluar uang 7 ribu, dalam 14 hari, uang gw masih sisa 2 ribu.. Wwuuiihh masih ada tabungan.. Wahahaha...

Kalo malem makan pecel lele paling gak mesti keluar 5 ribu.. Gak cocok!!! Paling maksimal makan nasi pecel telor yang cuma 4ribu.. Kalo gak pecel tahu plus tempe (sama2 empat ribu..).. Berarti selama 14 hari kedepan, menu makan malem gw adalah, nasi pecel telor atau nasi tempe tahu.. Pasti bisa bertahan deh sampe hari gajian..

--Hari pertama...
Gak menginjakkan kaki sama sekali di kantin.. Bagas ngajakin ke kantin, gw tolak!!! Didot ngajak ke kantin, gw tolak!!! Mereka maksa, gw kabur.. Misi untuk menghindari kantin hari ini, sukses!!!
Makan siang, sesuai rute semula.. Tempat : Warung Nasi Saerah.. Menu : Nasi Tempe doang.. 3ribu dipotong dari kas..
Makan malem, sesuai rute juga.. Tempat : Warung Penyetan depan kos.. Menu : Nasi Tempe Bakar.. 3 ribu, dipotong dari kas..
Saving hari ini adalah sebesar.. 1142 rupiah.. lumayan..
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 94.000,- (level aman..)

--Hari kedua...
Aman.. Keadaan terkendali.. Makan siang 3ribu, makan malam 4ribu..
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 87.000,- (level aman..)

--Hari ketiga...
Aman.. Makan siang gratis, soalnya maen ke rumahnya Bagas.. Makan malem 5 ribu, pecel lele neh.. enaaaak..
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 82.000,- (level aman..)

Begitu juga di hari ke empat dan ke lima.. Aman!!! Dalam 2 hari cuma keluar uang 14 ribu.. Akhirnya bisa juga melepaskan diri dari kantin selama 5 hari.. Hehehe
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 68.000,- (level aman..)

(kayaknya postingannya mulai ngebosenin neh!!!)

--Hari keenam...
Kejadian mulai gak terduga.. Bu Kantin menjegat gw..
"Mas Nino kok mulai jarang ke kantin ya.. Ibu kangen neh.." sambil ngeluarin buku kasbon, "soalnya udah tanggal 20 lewat neh, Mas.."
Gw mulai khawatir neh..
"Mas Nino itu utang makan 20 ribu lima ratus.." *tuh kan ngomogin utang..
"Jangan2 Mas Nino jarang ke kantin lagi takut saya tagih, ya?" Ibu kantin cengar cengir.. "
Gw juga cengar cengir..
"Dilunasin ya mas.. Anak saya sakit soalnya, mau ke dokter.." ibu Kantin praktekin jurus andalan gw.. Tatapan memelas, muka disayu2in, mata dibikin sendu.. Sial, si Ibu Kantin sudah menguasai jurus maut gw..
Mana tahan gw kalo diliatin dengan gaya begitu.. Mau gak mau gw bayar utang.. 20.500 rupiah diambil dari kas..
Jadi gak nafsu makan siang.. Makan siang lewat.. Gw tidur seharian.. Lumayan ngirit..
Makan malem pake tempe doang, tiga ribu.. Total pengeluaran hari ini = Rp. 23.500,-
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 44.500,- (level mengenaskan.. saatnya mengecilkan ikat pinggang..)

--Time Break...
Mau gak mau mengatur lagi uang yang tersisa.. Rp. 44.500, mesti cukup buat 8 hari lagi.. Berati perhari maksimal ngeluarin uang Rp. 5565... APA!!!
Makan siang tetep di Warung Saerah, menu nasi tempe.. Makan malemnya ini yang mengenaskan.. Maksimal dua ribu lima ratus.. Ohh.. Ada.. Nasi angkringan Mas Boy, depan kosnya di Barkah.. Masi sayur sama gorengan 2 biji cuma dua ribu lima ratus.. Mesti bertahan dengan keadaan kayak gini selama 8 hari lagi.. Dah gak usah meratapi, dijalanin aja.. Mulai hari ini..

--Hari ketujuh...
Makan siang, 3 ribu.. Sampe si mba penjaga warung kasian liat gw makan tempe terus.. Gw dapet bonus tahu.. (masih kerabatan sama tempe sih, tapi ya lumayan lah..)
Makan malam, menempuh perjalanan 15 menit jalan kaki untuk membeli nasi.. Perjalanan yang melelahkan.. Sampe sana Mas Boy tutup.. Setaaan!!!
Akhirnya, mampir ke kost-nya Barkah.. Kebetulan dia mau makan keluar..
Kejadian gak terduga part dua.. Barkah janjian sama anak2 kampus makan di steak waroeng jalan kaliurang.. Dan gw udah terlanjur ikut..
Terpaksa.. Mencari menu yang termurah.. Stik tepung yang single cuma 9ribu.. Minum es teh tawar, cuma 5ratus.. Total 9ribu 5ratus.. Mau nangis gw..
Pengeluaran hari ini, 12ribu 5ratus..
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 32.000,- (level sangat-sangat mengenaskan.. )

--Hari kedelapan...
Mulai gejala mal nutrisi.. Mata berkunang2, lemah lunglai.. Cuma beli makan sekali hari ini.. 5 ribu pake telor dinasi padang.. Nasinya gw bagi 2, nasi sayurnya buat makan siang, telornya buat makan malem...
Uang sisa Rp. 27.000,-

--Hari kesembilan...
Siasat baru, makan siang numpang di tempatnya Bagas.. Makan malem numpang di tempatnya Bagas..
Uang sisa Rp. 27.000,-

--Hari kesepuluh...
Masih siasat yang kemaren.. Makan siang di tempatnya Bagas.. Makan malem di tempatnya Bagas..
Uang sisa Rp. 27.000,- (mulai sehat neh.. kalo dirumahnya Bagas minimal gw makan pake telor dadar..)

--Hari kesebelas...
Bagas gw panggil mulai gak mau nengok.. Gw sapa dia cuekin gw..
Rekonstruksi, lokasi : parkiran motor kampus, pelaku : gw, Bagas, sama Didot... Aga jaga toko di pasar...
Gw : Gas.. Bagas.. Hari ini gw maen ke rumah lo lagi, ya..
Bagas : Dot, lo denger ada yang ngomong, gak? (sambil melengos ninggalin gw..)
Didot : Gimana kalo gw aja yang maen kerumah lo, Gas? Nyokap masak apa sekarang?
Bagas : Rendang.. Boleh lah kalo lo mah..
Gw : Gw ikut juga ya? (udah lama neh gak makan rendang..)
Bagas : Dot, lo denger ada yang ngomong, gak (sambil garuk2 pantat.. ini tandanya Bagas lagi mikir, pantatnya gatel kalo mikir..)
Didot : Maklum deh, No.. Temen lo lagi senewen noh.. (Didot mencoba menghibur gw dengan menepuk-nepuk pundak gw.. gw laper, gak butuh ditepuk2, gw butuh makanan.. wahahaha) Gw cabut dulu, ya.. Rendang neh..
Dan gw ditinggalin sendirian disudut parkiran.. Sedih.. Bagas gak lagi bisa diandelin buat ngasih makan gratis..
Berarti kembali ke rute semula.. Nasi tempe buat makan siang, nasi angkringan plus gorengan buat makan malem..
Sisa uang : Rp. 21.500,- (masih bisa nafas...)

--Hari keduabelas...
Badan mulai terbiasa neh makan seadanya.. Bisa juga membiasakan diri menjadi prihatin kayak ini.. Tinggal 3 hari lagi.. Akhirnya sebentar lagi akan berakhir..
Siang ini abis kuliah, gw mampir ke kantin, kangen juga sama jajanan kantin.. Ibu kantin senyum2 waktu gw mesen nutrisari dingin, "Kalo sekarang, boleh deh, kasbon dulu.."
"Waaahh.. Kebetulan tuh, kalo gitu saya sekalian mesen makan deh, Bu.. Gado2, deh.. Yang pedes.." gw makan dengan lahap!! Hehehe.. Kasbon 4ribu 5ratus. Masuk ke kredit...
Karena tadi siang makan gak bayar alias ngutang, jatah dana buat makan siang gw masukin ke makan malem.. Menu malem ini, nasi goreng sosis Mbo Minah.. Menu makan mewah neh, udah gitu porsinya itu loh.. Serantang!!! Kenyang... 5ribu dipotong dari kas
Gw tidur nyenyak malem ini..
Monetering meter sampe hari ini : sisa uang = Rp. 16.500,- (tinggal besok sama lusa.. aman!!!)

--Hari ketiga belas...
Gw udah hampir lupa gimana rasanya sarapan.. Udah 12 hari kan gw gak sarapan.. Jadi di hari ke 13 ini, gw memutuskan untuk sarapan!!
Pilihan menu sarapan di Jogja emang gak banyak, kalo gak bubur kacang ijo, ya soto, kalo gak ya bubur ayam.. Untuk sarapan perdana gw kali ini, gw pilih, soto ayam Pak Min, di daerah Pogung, disepanjang aliran selokan Mataram.. Untung ukuran kantong yang cekak, makan disini termasuk mewah.. Nasi plus soto, minum aer putih aja.. 3ribu 5ratus.. Perut kenyang, kuliahpun riang..
Ini neh penyakitnya orang bermental miskin, mentang2 udah diatas angin, besok mau gajian, kayaknya bawaannya foya2 terus.. Makan siang, walau tetep di warung Saerah, tapi menu kali ini beda.. Ikan goreng.. Hmm.. Ini baru makanan enak.. 4ribu 5ratus..
Kebetulan banget, sekarang kan malem jumat, terus rumahnya ibu kos kebagian giliran pengajian mingguan.. Jadi makan malem nasi bungkusan pengajian.. Gratiiisss..
Sisa uang : Rp. 7.500,- (besok gajian.. cihuuuyy)

--Hari keempat belas...
Final day.. Hari ini harusnya bokap transfer uang, biasanya sih siang baru dikirim.. Siiipp... Karena sekarang hari jumat, biasanya bokap kirim pas abis jumatan..
Sarapan dulu ah.. Makan burjo.. plus gorengan 2.. 2ribu 5ratus..
Sisa 5ribu..
Niatan baik, mau gw sumbangin aja buat mesjid.. Kebetulan banget nanti kan sholat jumat, gw masukin tromol aja dah.. Nanti, abis jumatan ke ATM ambil duit deh.. Baru beli makan siang yang enak.. Akhirnya 5ribu terakhir gw, berada bersama kumpulan uang recehan di tromol mesjid.. Semoga jadi 5ribu yang berguna dan disalurkan untuk kemaslahatan umat.. Amiiin..

--(masih) Hari keempat belas, abis jumatan...
Mampir dulu ke kosan Aga.. Sekalian ngajak makan siang bareng.. Sekalian juga minta anterin ke ATM.. Rencana makan siang hari ini, soto Klebengan.. Biasanya kalo abis jumatan gini, ce2 banyak yang makan disana, jadi bisa sekalian cuci mata..
Kita meluncur dengan sepeda motor astrea merahnya Aga.. Menuju ATM dulu..

--(masih) Hari keempat belas, ATM BCA toko Merah Jalan Kaliurang..
"tit tit tit.. tiiiit tit.. tit tit tit.." suara mesum dari Hp gw.. Tanda ada SMS masuk..

"No. Papa belum bisa kirim uang hari ini.. Papa ada meeting ke Bandung, baru bisa kirim uang senen depan.." SMS dari bokap gw baca dengan sepenuh hati didepan mesin penarik uang.. mau pingsan gw... Gw keluar dari ruangan ATM dengan langkah gontai..

Gw : Ga, gw gak jadi ambil uang... Kita balik ke mesjid tadi gw jumatan aja.. (pasang tatapan kriminal)
Aga : Loh?
Gw : Bokap gw belum bisa kirim uang hari ini.. Gw mau ambil 5ribu yang tadi gw masukin ke tromol mesjid.. Terus kita makan soto!!!




Jogjakarta, tengah semester 5..
"akhirnya dipinjemin 100ribu sama Aga.. gimana ya nasib uang 5ribu gw?"

2 comments:

  1. Wew.......kenapa gk puasa Senin Kamis aja,No? Hehehe
    Nasib anak kosssss

    ReplyDelete
  2. @sari : uang tromol aja mau diambil lagi.. orang kayak nino mana kepikiran buat puasa.. wahhaa

    ReplyDelete