Dengan Segelas Kopi

28.6.10

hari ini gw mulai aktifitas akademis gw dengan kuliah "Kinetika Katalis II" sama prof. Suryo (memang nama sebenarnya, tapi kita samarkan identitasnya jadi prof. S untuk menjaga privatisasi). sang profesor ini, yang juga ketua jurusan, terkenal gak akan pernah mau ngasih ampun buat mahasiswa yang dateng terlambat di kelasnya.

mata kuliah ini bukan hal yang baru buat hidup gw, alias udah berkali-kali gw ambil dan gak pernah dapet nilai lebih tinggi dari D. prof S selalu nerapin aturan yang ketat ditiap mata kuliah yang diampunya, gak cuma masalah kedatangan on time dikampus yang dipermasalahkan, kalo kita gak masuk kelas 3 kali tanpa keterangan berarti udah gak mungkin dapet nilai A. sebenernya buat permasalahan gak dapet nilai A sih gw gak terlalu ambil peduli, notabenenya, buat mahasiswa berotak kerdil kaya gw, bisa dapet C aja udah mukjijat!!!

hari ini minggu ketiga kuliah, dan 2 pertemuan yang sebelumnya gue udah dateng telat!! jadi hari ini gak boleh telat lagi!!

*flashback**
2 minggu yang lalu.... pertemuan pertama kuliah bareng prof. S..
kuliah jam 7, gue bangun jam 6.50. begadang maen PS sama anak-anak kos. mandi 2 menit, sikat gigi 2 menit, pake baju 2 menit, gak pake dandan, terus langsung lari kekampus 10 menit. sampe kampus jam 7.15..
pintu kelas udah ditutup. gue ketok, terus gue buka pintunya...
"tok-tok-tok... assalamualaikum..." cengar cengir..
"maaf, pak, saya terlambat..." **wajah melas mode on..**
profesor terdiam sebentar..
"oh.... gak apa2 mas... tolong tutup lagi pintunya sekalian, tapi dari luar aja ya.. makasih.." gue mundur perlahan.. tetep cengar cengir..
dan pelajaran kembali dimulai sedangkan gue lebih memilih pulang ke kos dan melanjutkan tidur..

1 minggu yang lalu.... pertemuan kedua kuliah bareng prof. S..
seperti minggu lalu, kuliah dimulai jam7 pagi... gue dah gak begadang malem sebelumnya.. tidur sengaja dicepetin, persiapan biar paginya bisa bangun cepet.
jam 5 kurang 5, bangun.. sholat subuh *tumben mode on*.. diluar ujan, gerimis-gerimis kecil, bikin jogja adem banget..
jam 5 lewat 5, sambil buang-buang waktu, tidur-tiduran dulu di kasur gue yang udah super tipis.. dingin.. hawa yang begini bikin mata gue berat banget.. gak sadar, gw pejamin mata sebentar..
jam 6.50 gue kebangun.. ketiduran.. mandi 2 menit, sikat gigi 2 menit, ganti baju 2 menit, lari kekampus 8 menit *sprint!!!*.. sampe kekampus jam 7.10..
pintu kelas udah ditutup *syok part two*..
gue ketok, terus gue buka pintunya... anak-anak yang laen tersenyum-senyum sama gue.. firasat baik, neh...
waaaah... beruntung banget, prof gak ada.. berarti dia dateng terlambat..
gue ambil duduk dideretan paling depan.. disampingnya gerombolan anak-anak pinter yang kaca matanya setebel kaca nako.. lensa mereka sama kumpulan catetan kuliah gw aja masih lebih tebel kacamata mereka...
selang beberapa menit mengagumi ketebelan kacamata orang-orang disamping gw, pintu terbuka, prof. S masuk.. membawa kertas polio bergaris. firasat buruk, neh...
"sekarang tutup bukunya, kita quis.."
oh.. no!! gue gak belajar... *syok part 3*
"ada yang baru dateng? ngaku aja mas..." semua mata melirik kearah gw.. gw belum bisa menafsirkan, apakah itu tatapan iba, ataukah tatapan penuh pengusiran..
"saya gak terima mahasiswa yang dateng terlambat!! kalo gak ada yang ngaku saya gak akan masuk kelas ini lagi" sambil matanya melirik kearah gue.. oh my god!!! dia apal kalo gue sering terlambat!!
huh... sial!!
"prof... maaf saya tadi terlambat.." lebih baik inisiatif dari pada pura-pura gak sensitif.
dan mau gak mau gue menuju pintu keluar terdekat..
dan quis pun dimulai sedangkan gue berjalan lemes pulang kembali menuju kos, tidur lagi deh...

*back to reality**
hari ini, pertemuan ketiga..

gue adalah orang yang selalu belajar dari kesalahan yang lalu.. pagi ini, gue jam 6.30 udah rapi, dah mandi, dan udah siap jalan kekampus.. jam 7 kurang gue dah sampe kelas..
masih kosong.. gile gue yang pertama dateng.. baru jam 7 kurang 5.. hebat!!
gue tunggu terus.. 5 menit kemudian, jam 7 pas, masih belum ada yang dateng..
5menit lagi, jam 7 lewat 5 masih kosong juga.. masa telat berjamaah sih orang-orang..
jam 7 lewat 10..
jam 7 lewat 15, gue masih sabar nunggu kaya orang bodoh!!

entah inisiatif, entah gw yang telat mikir.. gue kelobbi nanya pak untung, yang biasa mangkal di lobbi..
ternyata kuliahnya dipindah ruangnya!!! sial!! *syok part 4*

dan diruangan lain, kuliah itu pun dimulai, sedangkan gue kembali pulang kekos dengan hati penuh kehampaan..

mulai minggu depan gue gak akan lagi ikut kuliah ini.. gue udah terlanjur cacat mental cuma gara-gara kuliah yang satu ini...



Jogjakarta, 4 minggu pertama di smester 5...
"semester depan ambil mata kuliah ini lagi aaaaahh..."

3 comments:

  1. great!
    dari semuanya paling suka tulisan yg ini..
    ni dosen kaku amat ya.. hhe
    .fina

    ReplyDelete
  2. @fina: wahahaha.. thanks banget ya.. itu ketua jurusan gw, fin.. jangan laporin gw, ya...

    ReplyDelete
  3. Oom keren.. wakaaa.. kelewat keren (di inget prof.S)

    ReplyDelete